Pekan Muharram 1442 H PPSS Nurul Huda Perayaan Tahun Baru Islam di tengah Pandemi

Nun Media – Pekan Muharram 1442 Hijriyah kembali digelar di Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Huda Mergosono Malang. Dengan mengusung tema “Ngalap Berkah di Balik Musibah dengan Ukhuwah Islamiyah” diharapkan para santri dapat mengambil pesan untuk tetap menguatkan hubungan ukhuwah islamiyyah di tengah musibah pandemi yang melanda.

 

Pekan Muharram akan dilaksanakan selama bulan Muharram berlangsung dengan memfokuskan kegiatan malam Jum’at. Rangkaian acaranya sendiri terdiri atas pembukaan Pekan Muharram yang diadakan pada hari kamis tanggal 20 Agustus 2020, lomba-lomba yang akan diselenggarakan pada pekan kedua dan ketiga dan penutupan pada pekan terakhir bulan Muharram serta santunan untuk keluarga yang tidak mampu.

 

Lomba yang diadakan dalam perayaan tahun baru hijriyah ini berupa lomba story telling dan cerdas cermat ala ranking 1 yang akan diikuti oleh santri putri. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pekan Muharram tahun ini harus meniadakan lomba antar Taman Pendidikan Qur’an (TPQ)  karena situasi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Selain itu, terdapat perubahan konsep acara untuk kegiatan malam 10 Muharram. Tahun ini, santunan pada yatim, piatu, dan dhuafa yang biasanya  diselenggarakan di Musholla Nurul Huda, dilakukan secara door-to-door atau dari rumah ke rumah oleh panita penyelenggaraan pekan Muharram.

Baca juga : https://nun-media.com/2017/09/28/santunan-yatim-piatu-ritual-dalam-perspektif-sosiologis/

Selamat Tahun Baru Islam 1442 H https://www.instagram.com/p/CEGEq2bFfNt/

Acara penutupan pun akan diisi dengan acara shalawatan berama-sama. Diharapkan dengan pekan Muharram yang tidak biasa dengan tahun-tahun sebelumnya, para santri bisa terus meningkatkan ghirah ngaji seperti dipesankan oleh Abuya Taqqiyuddin Alawiy disampaikan pada malam pembukaan Pekan Muharram.

 

Penulis: Layyin

nuhaonosogrem

super admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: