Menyambung Tali Silaturahmi kepada Orangtua Yang Telah Meninggal

Abuya Taqiyyudin Alawiy menuturkan dalam pengajiannya di Pondok Pesantren Nurul Huda tentang keutamaannya menyambung tali silaturahmi kepada orangtua yang sudah meninggal. Rindu yang tidak terobati, ketika mereka merindukan orangtua yang sudah meninggal. Kecuali, bertemu dalam mimpi dan itu pun tidak nyata. Kecuali pula ketika kita dikumpulkan di alam mahsyar dan itu pun kita sudah tidak saling mengenal.

Berikut kutipan beliau dalam catatan saya.

“Menyambung tali silaturahmi itu sama saja seperti menyambung dengan Allah”

Jadi jika kita bersilaturahmi dengan siapa saja yang telah disyariatkan, maka kita telah menyambung tali silaturahmi dengan Allah. Semakin banyak kita bersilaturahmi, maka hubungan kita kepada Allah pun akan dekat. Karena kita telah banyak bersilaturahmi dengan-Nya.”

“Balasannya orang yang menjaga tali silaturahmi itu didekatkan dengan surga dan dijauhkan dari neraka”

Masya Allah, siapa diantara kita yang tidak mengharapkan surga-Nya dan menghindar dari neraka-Nya? Surgalah yang terus kita minta dari-Nya, walaupun tidak sedikit perbuatan kita yang mencerminkan para penghuni neraka. Na’udzubillah.

“Dan merupakan bentuk ketaatan pada Allah”

Silaturrahmi kepada orangtua yang sudah meninggal tidak hanya mencerminkan ketaatan kita pada orangtua, tapi juga telah mencerminkan bentuk ketaatan pada Allah.

“Pahalanya itu seperti memerdekakan budak”

Beliau mengutip dari hadits yang diriwayatkan oleh Maimunah binti Harits. Memerdekaan budak di zaman dahulu hanya bisa dilakukan oleh mereka-mereka yang berduit. Sedangkan pada zaman sekarang, subhanallah, tanpa duit kita bisa mendapatkan pahala seperti pahala mereka yang telah memerdekakan budak.

Yang terakhir saya belum sempat mencatatnya, tapi insya Allah persis yang saya ingat, “Barang siapa yang membaca yasin pada tiap hari jumat di makam orangtua kita, maka Allah akan menghitung pahalanya sebanyak huruf pada surat yasin tersebut”

Masya Allah. Sungguh Maha Pemurahnya.

Demikian catatan yang bisa saya salin dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: