Kunci Komponen Membuat Unjukan: Lomba Kreasi Membuat Unjukan Peringtan hari Santri 2019 di Pondok Nurul Huda Putri

 

Ahad 27 Oktober 2019, masih dalam semarak peringatan Hari Santri 2019 para santri putri Nurul Huda Mergosono Malang menyelenggarakan lomba kreasi membuat unjukan. Lomba ini diikuti oleh seluruh santri putri secara kelompok berdasarkan kamar. Terdapat 14 delegasi peserta lomba yang turut serta berpartisipasi.

 

Unjukan yang dilombakan adalah kopi jahe. Sebelum mengolah unjukan peserta ditantang untuk memilih bahan. Panitia menyediakan jahe, kunci, dan kencur yang dibalut tisu. Peserta diberi waktu 30 detik untuk memilih jahe dengan kesempatan meraba dan mencium tiga bumbu masakan tadi.

 

Selain itu, peserta juga harus bisa membedakan antara terigu, garam, dan gula pasir dalam waktu yang sama yaitu 30 detik. Untuk memilih bahan yang tepat, yaitu gula pasir, peserta hanya boleh meraba dan mencium bau bahan-bahan tersebut. Beberapa peserta terkecoh dan mengambil garam daripada gula. Durasi pembuatan kopi adalah 10 menit.

 

Diakui salah satu peserta, lomba ini cukup menegangkan karena juri lomba adalah Agus Shihabudin al Hafidz yang akrab dipanggil Gus Shihab oleh para santri.

 

Dijelaskan oleh Gus Shihab dalam sesi pesan dan komentar juri, bahwa terdapat tiga komponen yang menjadi kunci dalam meracik sebuah unjukan. Yaitu, logika untuk takaran, hati untuk rasa, dan seni untuk menyajikan. Selain itu, perlu juga melibatkan keikhlasan dan suka cita untuk menciptakan rasa ciri khas pada unjukan tersebut.

 

Bagi seorang istri wajib menguasai tiga komponen kunci ini untuk memikat suami. Seperti dicontohkan ummi, beliau pelajari sungguh-sungguh racikan unjukan untuk abah. Dengan sepenuh hati beliau perhatikan takaran, rasa dan penyajian sehingga abah bisa membedakan kopi buatan ummi, istrinya, dengan buatan orang lain. Bahkan abah sering tidak menghabiskan kopi yang dibuat orang lain.

 

Penulis: Tika Kartika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: