PPSS Nurul Huda Mergosono Malang Kembali Menyelenggarakn Rapid Test Covid-19

Kegiatan rapid test atau tes cepat massal kembali dilaksanakan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Huda. Sekitar satu setengah bulan sebelumnya, PPSS Nurul Huda telah menyelenggarakan rapid test guna memastikan kesehatan dan keamanan santri menjelang perpulangan. Sedangkan rapid test pada Sabtu (20/6) kali ini bertujuan untuk memastikan keadaan santri yang baru datang dari rumah masing-masing.

 

Rapid test yang terselenggara atas kerjasama jajaran pengasuh dengan ikatan Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) ini diselenggarakan di Poskestren dan Musala Nurul Huda. Dimulai pada pukul 09.00 hingga 15.30 WIB, pemeriksaan ini diikuti oleh total 170 peserta terdiri dari keluarga ndalem, santri putra dan putri, serta warga sekitar.  Selain itu, sebanyak 44 peserta dari Pondok Pesantren Darul Faqih, Wagir, juga turut mengikuti pemeriksaan.

Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan diadakannya rapid test.” Tutur Nilna Elmawati, selaku lurah pondok putri. “Kami berterima kasih banyak kepada seluruh jajaran pengasuh dan ikatan PDNU yang telah mengupayakan terselenggaranya pemeriksaan ini. Ini adalah salah satu bentuk langkah pencegahan penyebaran covid-19 di pondok dan daerah sekitar pondok. Dengan mengetahui hasil bahwa kami dinyatakan sehat, kami jadi tidak panik dan merasa was-was di tengah meningkatnya kasus covid-19 di Jawa Timur.”

 

 

Menindaklanjuti pemeriksaan, dr. KH. Muhammad S. Ni’am selaku Kepala Yayasan mewajibkan seluruh santri untuk menggunakan masker, sholat berjarak, dan cuci tangan sebelum masuk dan saat keluar musala. Santri yang telah bekerja dan baru datang dari luar juga wajib mandi terlebih dahulu sebelum memasuki kamar dan berinteraksi dengan santri lain.

Di samping itu, KH. Mushoddaqul Umam selaku Pembina Yayasan juga menghimbau kepada seluruh santri untuk turut memperbanyak ikhtiar batin. Diantaranya dengan membaca surat Al Fatihah satu nafas setelah sholat, Ratib Al Haddad seusai shalat maghrib, dan Wirdul Lathif setelah sholat subuh.

Selain itu, setiap malam Jum’at ba’da jamaah solat isya, diselenggarakan istghasah kubro bersama pengasuh PPSS Nurul Huda Mergosono, KH. M. Taqqiyuddin Alawy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: